Skip to main content

WOW!! Ditemukan Katak Dengan Ukuran Sebesar Penjepit Kertas

Berdasarkan penelitian JL Rowley seorang yang berasal dari Negara Australia itu menemukan dua jenis katak baru.  Dua jenis katak baru tersebut di temukan di Vietnam, di sebuah hutan konservasi. Adapun lokasi penelian tersebut berada di Taman Nasional Bidoup Nui Ba di Ngoc Linh.

Kedua katak yang ditemukan tersebut adalah katak lumut kabut (Theloderma nebulosum) dan katak jubah lumut (Theloderma palliatum). Nama katak lumut kabut diambil dari keadaan hutan dimana ditemukannya katak tersebut. Nama ini menggambarkan habitat  katak lumut kabut yang selalu berkabut karena lokasinya berada di dataran tinggi Kong Tum.

Kedua katak tersebut ditemukan di wilayah dengan keinggian sekitar 1.500 Mdpl (Diatas Permukaan Laut) Sedangkan untuk jenis katak lumut kabut dapat bertahan hingga ketinggian 2.000 Mdpl (Diatas Permukaan Laut). Uniknya ternyata kedua jenis katak tersebut hanya memiliki ukuran kurang dari 3 Cm saja atau sama dengan ukuran penjepit kertas.

Berdasarkan penelitan yang dilakukan selama 3 tahun terakhir, dapat di prediksi bahwasannya kedua katak ini berada di sebagian wilayah kecil Kom Tum dan Langbian. Dengan luasan yang kecil ini ditambah dengan ancaman kerusakan habitat yang semakin mempersempit ruang hidup kedua jenis katak lumut kabut (Theloderma nebulosum) dan katak lumut jubah (Theloderma palliatum) menjadi sebuah ancaman serius bagi keberadaannya.

Ancaman hilangnya spesies unik ini merupakan sebuah keprihatinan mengingat katak ini ditemukan di kawasan konservasi. Dengan demikian hal tersebut dapat menjadi sebuah bukti dan tanda telah terjadi kerusakan dan kemunduran jumlah luasan habitat bagi spesies tersebut.

Berbagai riset yang dilakukan untuk menemukan berbagai specimen amfibi langka lainnya masih berlangsung. Hal tersebut merupakan sebuah misi yang berat untuk menyelamatkan specimen amfibi lain yang bernasib sama seperti katak terkecil yang diutarakan diatas.


Comments