Minggu, 27 November 2011

Anggrek Spesies baru Bulbophyllum nocturnum Hanya Mekar dalam Satu Malam

Tanaman anggrek memang sangat cantik, biasanya sengaja ditanam di batang pohon pekarangan rumah. Hal tersebut sudah tidak asing lagi bagi kita, hingga tanaman cantik ini mudah di dapat di took-toko tanaman hias yang sering kita jumpai di seluruh Indonesia. Namun lain halnya dengan Anggrek jenis Bulbophyllum nocturnum. Anggrek ini merupakan jenis baru yang telah ditemukan.

Anggrek jenis baru ini hanya mekar dalam satu malam dan ditemukan Kew Garden London di wilayah Papua New Britain, Papua Nuigini. Anggrek  Bulbophyllum nocturnum ini merupakan salah satu spesies baru dari 25.000 jenis anggrek lainnya yang ada di muka bumi ini.
Sampai saat ini, penyebab keunikan dari bunga ini masih menyimpan misteri. Tidak ada ilmuan yang mampu menjelaskan bagaimana bunga ini hanya mampu mekar dalam satu malam dan keesokannya kembali layu. Namun, spekulasi sementara menyatakan bahwa bunga ini mekar karena diserbuki oleh serangga malam seperti nyamuk dan ngengat. Walaupun diantaranya jenis anggrek banyak yang di sebuki oleh serangga malam namun tetap saja mekar pada keesokan harinya.

Penemuan ini berawal dari penemuan yang mengejutkan dari  seorang ilmuan Belanda Ed Ve Vogel yang menjumpai Anggrek Bulbophyllum nocturnum selalu dalam keadaan layu. Kemudian ilmuan tersebut bekerja sama dengan Andre Schuiteman dari  Kew Garden dan Jaap Vermeulenof dari Keanekaragaman Hayati Belanda untuk meneliti Anggrek Bulbophyllum nocturnum ini. Kemudian ilmuan tersebut mendapati bahwa Anggrek Bulbophyllum nocturnum ini ternyata mekar pada pukul 10 malam. Dan hal tersebut membuktikan bahwa jenis Anggrek Bulbophyllum nocturnum ini merupakan jenis Anggrek baru yang belum diketahui jenisnya.

Penemuan ini tentunya masih bias berlanjut untuk menyelamatkan Spesies Anggrek lainnya yang selalu berpacu dengan waktu untuk menghidarkannya dari kepunahan. Kenapa tidak, karena Anggrek ini hanya ditemui di kawasan hutan primer yang setiap waktu mengalami tekanan dan alih fungsi lahan yang sangat cepat. Jika tidak ada lagi yang peduli dengan hal ini maka dunia akan menghadapi sebuah legenda Anggrek Bulbophyllum nocturnum yang pernah ditemukan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons