Jumat, 09 September 2011

Pengaruh Pemupukan Terhadap Pertumbuhan Tanaman Bambu Betung (Dendrocalamus asper (Schult.f.) Backer ex Heyne), Bambu Andong (Gigantochloa pseudoarundiancea (Steud) Widjaja)



Oleh:
Adi Laksono

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemupukan nitrogen terhadap pertumbuhan tanaman bambu betung (Dendrocalamus asper) dan bambu Andong (Gigantochloa pseudoarudinaceae).

Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di palalangon, kampus IPB Darmaga dengan ketinggian tempat 250 MDPL. Penelitian ini dimulai pada bulan febuari sampai september 1995.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah randangan acak kelompok dengan dua faktor. Faktor pertama adalah jenis bambu, yang terdiri dari bambu betung dan bambu andong. Faktor kedua adalah dosis pemupukan N, dengan taraf, yaitu dosis 0,45,90 dan 135 kg/ha.
Dengan demikian terdapat 8 kombinasi perlakuan dengan masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Setiap satuan percobaan terdiri dari 6 tanaman.

Peubah yang diamati adalah tinggi tanaman, lingkaran buluh, jumlah buluh dan kandungan N daun.

Hasil pengamatan menunjukan bahwa jenis bambu berpengaruh nyata pada peubah tinggi tanaman (4MST), lingkaran buluh (4-12MST) dan jumlah buluh (10-24 MST).  Bambu Betung memiliki ukuran buluh (Tinggi dan lingkaran buluh yang lebih baik dibandingkan dengan bambu andong, sedangkan bambu andong lebih baik dalam pertambahan jumlah buluh yang baru.

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons