Rabu, 18 Mei 2011

Bukti Persaingan, Fosil Bekas Gigitan



KOMPAS.com — Kehidupan samudra di zaman purba pun diwarnai persaingan. Bekas gigitan pada fosil membuktikan hal tersebut.
Para ahli menemukan bekas gigitan yang telah sembuh pada rahang bawah ichthyosaurus, reptil laut serupa lumba-lumba yang hidup di zaman dinosaurus. Mereka melihat bekas gigitan yang cukup jelas terlihat itu saat membersihkan dan menyusun kembali kerangka ichthyosaurus di laboratorium.
Ukuran dan jarak gigi yang terdapat pada bekas gigitan cocok dengan beberapa jenis hewan lain. Meski begitu, para ahli yakin, bekas gigitan tersebut merupakan gigitan ichthyosaurus dewasa lainnya.
Mereka pun menyimpulkan, penyebab luka adalah pertarungan yang terjadi ketika bersaing memperebutkan makanan, pasangan kawin, ataupun wilayah kekuasaan. Adanya bukti-bukti kesembuhan luka menunjukkan, hewan ini berhasil bertahan hidup dari serangan yang terjadi.
"Jejak patologis pada tulang dan gigi yang telah menjadi fosil membuka wawasan kehidupan dan perilaku sosial baru dari hewan yang telah punah," kata Benjamin Kear, salah satu ahli yang terlibat dalam studi tersebut yang juga seorang asisten profesor Palaeobiology Programme di Uppsala University, dalam rilis persnya, Rabu (4/5/2011).
Ichthyosaurus adalah reptil predator laut yang dapat berenang dengan cepat dan memangsa ikan dan hewan serupa cumi-cumi. Panjang tubuh ichthyosaurus dewasa bisa mencapai 6 meter, dengan bentuk kepala bermoncong panjang seperti lumba-lumba. Susunan gigi ichthyosaurus mirip dengan buaya, dengan jumlah lebih dari 100 buah. (National Geographic Indonesia/Agung Dwi Cahyadi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons