Skip to main content

Buah Namnam atau Kopi Anjing nan Eksotis



Buah namnam atau kopi anjing atau sawo pancukan memang eksotis. Seperti buah kepel, pohon bernama latin Cynometra cauliflora ini buahnya terdapat di batangnya. Jadi jangan berharap bisa memanjatnya ketika ingin memetik buah namnam ini.
Eksotis melihat buah namnam (kopi anjing) yang coklat kekuningan berkerut-kerut (keriput) berpadu dengan bunganya yang merah jambu pucat atau putih bermunculan di batangnya yang berwarna coklat pula.
Pohon penghasil buah berasa masam ini secara umum dikenal sebagai namnam. Dalam beberapa bahasa daerah dikenal juga sebagai namu-namu (Manado dan Maluku), namo-namo (Ternate), namet (Halmahera), namute, lamute, lamuta, klamute (Maluku bagian tengah), arepa (Bugis), dan puti anjeng (Makasar).
Di Sunda buah namnam dikenal sebagai pukih. Juga sebagai kopi anjing, namnam (Sunda, Jawa, dan Madura), puci anggi (Bima), kuwanjo (Bali), aloma (Seram), dan kfamute (Buru). Dalam bahasa ilmiah (latin) tumbuhan ini disebut Cynometra cauliflora.

Diskripsi Namnam.
Pohon namnam mempunyai tinggi antara 3-10 meter. Batangnya tegak, bulat, berwarna abu-abu kecoklatan, dan berbonggol-bonggol.
Daun namnam atau kopi anjing majemuk dengan sepasang anak daun berbentuk lonjong dengan panjang antara 5-15 cm. Daun berwarna putih atau merah jambu terang ketika masih muda dan berubah menjadi hijau tua mengkilat ketika tua.
Bunga kopi anjing majemuk yang tumbuh di batabg dan cabang. Buahnya berbentuk polong dengan daging yang tebal. Bentuk buah lonjong berwarna coklat atau kekuningan dengan permukaan yang kasar dan keriput. Buah namnam berukuran antara 3-9 cm dengan ketebalan antara 2-6 cm. Saat masak buah berasa asam agak manis. Di dalam buah namnam terdapat sebutir biji berbentuk pipih.
Meskipun belum diketahui dengan pasti asal usulnya namun sejumlah pihak menyakini pohon namnam merupakan tumbuhan asli Indonesia. Namnam diketahui ditanam di hampir seluruh wilayah di Indonesia, Asia Tenggara, dan India.

Manfaat Buah Namnam.
Pohon namnam banyak ditanam sebagai penghias halaman. Buahnya dapat dimakan langsung atau dijadikan bahan rujak, asinan atau manisan. Buahnya juga dapat digunakan campuran sambal.
Beberapa bagian tanaman namnam atau kopi anjing (Cynometra cauliflora) ternyata mempunyai manfaat sebagai obat herbal. Rebusan daun muda pohon eksotis ini berkhasiat menringankan gejala mencret atau diare. Rebusan daun namnam juga dapat digunakan untuk melancarkan air seni dan mengobati penyakit kencing batu.
Pohon unik dan eksotis benama namnam ini pulalah yang ditanam mantan Presiden RI, Soeharto di Taman Mini Indonesia Indah saat perayaan 50 Tahun Konferensi Asia Afrika di tahun 2005 silam.
Rasanya pasti akan nikmat sekali jika mengadakan kopdar blogger di dekat pohon namnam sembari ngerujak buahnya bareng-bareng. Siapa, mau?

Klasifikasi Ilmiah:
Kerajaan                      : Plantae;
Divisi                           : Magnoliophyta;
Kelas                           : Magnoliopsida;
Ordo                            : Fabales;
Famili                          : Fabaceae;
Genus                          : Cynometra;
Spesies                        : Cynometra cauliflora.
Nama Indonesia          : Namnam, kopi anjing.

Comments

  1. seger rsa nie buah..........
    q dah pernah ngerasain,,,,,,,,,,,,,,

    ReplyDelete

Post a Comment

Isi Komentar kamu untuk Posting ini!!