Jumat, 04 Februari 2011

Mengenal Dunia Tumbuhan Berpembuluh


Dunia Tumbuhan dipenuhi dengan berbagai macam jenis, bentuk, nama, dan kelompok tumbuhan. Di antara semuanya, terdapat pengelompokan tumbuhan, yakni kelompok tumbuhan yang berpembuluh dan kelompok tumbuhan yang tidak berpembuluh.
Kelompok tumbuhan yang berpembuluh memiliki banyak keanekaragaman. Tumbuhan berpembuluh adalah tumbuhan yang susunan tubuhnya lebih kompleks dibandingkan dengan tumbuhan tidak memiliki pembuluh.Tumbuhan berpembuluh terdiri atas dua macam tumbuhan, yaitu sebagai berikut.

1. Tumbuhan Paku (Pteridophyta)
Pteridophyta berasal dari bahasa Yunani, yaitu pteron yang berarti sayap bulu. Pada umumnya tumbuhan paku memiliki susunan daun yang membentuk sayap (menyirip) dan bagian pucuknya terdapat bulu-bulu. Tumbuhan paku adalah tumbuhan yang menghasilkan spora.
Ciri-ciri tumbuhan paku adalah sebagai berikut.
  • Tumbuhan paku tergolong kormofita sejati karena sudah menyerupai tumbuhan tinggi, yaitu: batangnya bercabang-cabang dan ada yang berkayu, pada daunnya memiliki urat-urat, tetapi ada juga yang tidak memiliki daun atau daunnya berupa sisik, rizoid sudah berkembang ke bentuk akar, sudah memiliki berkas pembuluh angkut.
  • Pada waktu muda daunnya menggulung dan setelah dewasa daunnya dapat dibedakan menjadi dua jenis. Pertama; tropofil, yaitu daun khusus yang berfungsi untuk fotosintesis dan tidak mengandung spora. Kedua; sporophyle, yaitu daun yang menghasilkan spora.
  • Spora yang dihasilkan berbeda-beda baik bentuk, ukuran, sifatnya.
  • Spora dihasilkan di dalam kotak spora, kemudian sejumlah spora mengelompok dan membentuk sorus.
  • Tumbuhan paku sama seperti lumut: mengalami giliran keturunan. 
  • Tumbuhan paku banyak tersebar di negara tropis dan subtropis, karena tumbuhan paku menyukai tempat-tempat yang lembab.
2. Tumbuhan Biji
Tumbuhan biji sering disebut juga tumbuhan berbunga (anthophyta) dan phanerogamae, alat-alat perkembangbiakannya dapat dilihat dengan jelas, tidak tersembunyi.
Ciri-ciri tumbuhan biji antara lain sebagai berikut.
  • Ciri khas pada tumbuhan biji, yaitu memiliki biji yang dipergunakan sebagai alat untuk berkembang biak.
  • Tubuhnya sudah dapat dibedakan, antaakar dengan batang dan daun. Dan memiliki organ pelengkap lain, seperti bunga, buah, dan biji.
  • Memiliki berkas pembuluh angkut, berupa pembuluh-pembuluh yang halus dan memanjang melaui akar, batang, dan menuju daun.
  • Semua anggotanya berkembang biak secara vegetatif (aseksual) dan generatif (seksual).
Tumbuhan biji dibedakan menjadi dua. Pertama, tumbuhan biji terbuka; adalah tumbuhan yang bijinya tidak terbungkus atau tidak dilindungi oleh daun buah. Yang Kedua, tumbuhan biji tertutup; yaitu tumbuhan yang bijinya terbungkus atau terlindungi oleh daun buah.
Tumbuhan biji terbuka memiliki ciri-ciri sebagai berikut; memiliki akar tunggal, batangnya bercabang-cabang, akar dan batang memiliki kambium sehingga dapat tumbuh membesar, bentuk daunnya bermacam-macam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons