Skip to main content

Jenis bakteri penyebab penyakit


 Tanpa disadari, banyak bakteri penyebab penyakit yang hidup di sekitar kita. Bakteri adalah makhluk hidup mikroskopis yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, namun jumlahnya sangat besar dan ada di mana-mana. Banyak bakteri yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, tetapi ada juga bakteri yang merugikan dan menjadi penyebab timbulnya penyakit.
Beberapa bakteri penyebab penyakit tersebut di antaranya sebagai berikut.

1. Pseudomonas Aeruginosa
Bakteri ini merupakan jenis bakteri pembusuk yang biasanya terdapat pada daging ikan. Selain itu, bakteri ini terdapat di alam, tanah, dan air. Apabila bakteri ini masuk ke dalam jaringan tubuh, akan menyebabkan infeksi traktus urinarius, jaringan paru-paru, kornea.
Bakteri Pseudomonas Aeruginosa bisa menyebabkan keracunan makanan karena enterotoksin yang mengganggu saluran pencernaan manusia. Infeksi paling banyak terjadi pada penderita diabetes mellitus atau pecandu narkoba.
Dalam kondisi tubuh sehat, antibodi secara aktif akan mengatasi bakteri yang menyerang tubuh. Namun, pencegahan terbaik adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang tidak terpapar bakteri ini.

2. Vibrio Cholerae
Sesuai namanya, bakeri jenis vibrio berbentuk koma atau spiral tidak sempurna. Bakteri Vibrio Cholerae banyak menyerang tikus. Apabila menginfeksi manusia, bisa menyebabkan penyakit kolera. Penyakit ini menyerang saluran pencernaan dengan gejala muntah, diare, dan kejang perut.
Bakteri ini sangat ganas dan bisa menyebabkan kematian dalam waktu singkat. Penderita biasanya kehilangan cairan dan elektrolit dalam jumlah besar.

3. Streptobacillus Moniliformis
Bakteri ini hidup pada tikus dan menular pada manusia lewat gigitan binatang tersebut sehingga mengakibatkan penyakit yang dikenal bernama rat bite fever. Gejalanya berupa demam mendadak dan badan menggigil, nyeri otot dan sakit kepala selama 1-3 hari.
Penyakit ini tersebar di seluruh dunia, khususnya negara-negara tropis. Media penularan yang paling banyak adalah melalui gigitan tikus atau air kencing dan sekret mulut. Susu dan air minum yang terinfeksi bakteri ini bisa menjadi media penyebaran, bahkan, darah dari hewan percobaan di laboratorium pun bisa juga menularkan.

4. Salmonella Bongori
Bakteri ini menjadi penyebab penyakit salmonella. Gejalanya berupa sakit kepala tiba-tiba, sakit perut, diare, mual dan muntah, disertai dehidrasi. Bakteri ini awalnya hidup pada binatang peliharaan, seperti unggas, babi, hewan ternak, iguana, tortoise, kura-kura, terapin, ayam, anjing, kucing, dan sebagainya.
Bakteri masuk ke dalam tubuh manusia biasanya lewat media makanan yang terkontaminasi bakteri. Misalnya, telur dan produk telur yang tidak dimasak dengan baik, susu mentah dan produk susu, air yang terpapar bakteri, daging dan produk daging, unggas dan produk unggas.

5. Escherichia Coli
Bakteri ini menjadi penyebab timbulnya penyakit, seperti kolera, tipus, disentri, diare, dan penyakit cacing. Bibit penyakit disebarkan lewat feses manusia dan mengontaminasi air minum. Biasanya, berkembang di lingkungan yang tidak mengindahkan MCK dengan baik. Apabila menginfeksi manusia, bakteri ini menimbulkan gejala pneumonia, endokarditis, dan infeksi luka.

6. Klebsiella Pneumonia
Bakteri ini menyebabkan penyakit meningitis dan pneumonia pada penderita diabetes mellitus. Gejalanya berupa demam akut, malaise (lesu), dan batuk kering. Bahkan, batuk darah dan nanah. Dalam kondisi akut, bisa menimbulkan abses, nekrosis jaringan paru, bronchiectasi, dan vibrosis paru-paru.

7. Salmonella Typhi
Bakteri ini menyebabkan penyakit typhus abdominalis. Seseorang yang terinfeksi akan menunjukkan gejala berupa demam tinggi hingga 40 derajat celcius, hilang kesadaran sehingga menceracau, gelisah, lemah, anoreksia, dan sakit kepala. Beberapa kasus disertai dengan diare. Penyakit ini bisa menyebabkan kematian.

8. Pasteurella Pestis
Bakteri ini awalnya menyerang binatang pengerat, seperti tikus dan kelinci. Kemudian, menular pada manusia lewat perantaraan kutu dari binatang-binatang pengerat yang menggigit manusia. Kutu tersebut adalah Xenopsylla Cheopis.
Apabila seseorang terinfeksi penyakit ini, bakteri masuk ke dalam jaringan limfa dan menimbulkan pembengkakan pada kelenjar limfa regional. Apabila kelenjar pecah, akan mengeluarkan nanah. Penyakit ini tergolong berbahaya karena bisa menimbulkan kematian.



Type of disease-causing bacteria
Without realizing it, many disease-causing bacteria that live around us. Bacteria are microscopic living creatures that can not be seen with the naked eye, but the number was very large and there is everywhere. Many bacteria are beneficial to human life, but there are also disease-causing bacteria and become the cause of disease.

Some bacteria cause diseases such of them as follows.

1.      Pseudomonas aeruginosa
This bacteria is a type of bacteria that are usually present in fish flesh. In addition, these bacteria found in nature, soil, and water. When these bacteria enter the body tissues, will cause urinary tract infections, lung tissue, the cornea.
Pseudomonas aeruginosa can cause food poisoning due to enterotoxins that disrupt the human digestive tract. The infection is most prevalent in people with diabetes mellitus or drug addicts.
In a healthy body condition, antibodies are actively going to cope with bacteria that invade the body. However, the best prevention is to eat healthy foods that are not exposed to this bacteria.

2.      Vibrio cholerae
As the name implies, bakery type vibrio comma-shaped or spiral is not perfect. Vibrio cholerae many attacking rats. When infecting humans, can cause cholera. The disease attacks the gastrointestinal tract with symptoms of vomiting, diarrhea, and abdominal cramps.
These bacteria are highly virulent and can cause death within a short time. Patients usually lose fluids and electrolytes in large numbers.

3.      Streptobacillus moniliformis
These bacteria live in mice and transmitted to humans through the bite of an animal is causing a disease called rat bite fever is known. Symptoms include sudden fever and shivering, muscle pain and headaches for 1-3 days.
The disease is spread all over the world, particularly tropical countries. The media most widely spread is through rat bites or urine and oral secretions. Milk and drinking water infected with these bacteria can be spread media, even the blood of animals in laboratory experiments can also transmit.

4.      Salmonella Bongori
These bacteria cause illness salmonella. Symptoms include sudden headache, abdominal pain, diarrhea, nausea and vomiting, accompanied by dehydration. This bacterium was originally living on pets, such as poultry, pigs, cattle, iguanas, tortoises, turtles, terapin, chickens, dogs, cats, and so forth.
The bacteria enter the human body usually through the media of bacteria-contaminated food. For example, eggs and egg products that are not well-cooked, raw milk and dairy products, water exposed to the bacteria, meat and meat products, poultry and poultry products.

5. Escherichia Coli
These bacteria cause disease, such as cholera, typhoid, dysentery, diarrhea, worms and disease. Germs spread by human feces and contaminate drinking water. Typically, developing in an environment that does not heed the toilets properly. When infecting humans, these bacteria cause symptoms of pneumonia, endocarditis, and wound infection.

1.      Klebsiella Pneumonia
This bacteria causes meningitis and pneumonia disease in patients with diabetes mellitus. Symptoms include acute fever, malaise (lethargy), and dry cough. In fact, coughing up blood and pus. In acute conditions, can cause abscesses, necrosis of lung tissue, bronchiectasi, and vibrosis lungs.

2.      Salmonella Typhi
This bacterium causes abdominal typhus disease. Someone who is infected will show symptoms of high fever up to 40 degrees Celsius, so menceracau lost consciousness, restlessness, weakness, anorexia, and headache. Some cases accompanied by diarrhea. This disease can cause death.

3.      Pasteurella Pestis
These bacteria initially attack the rodents, like mice and rabbits. Then, transmitted to humans through the mediation of fleas from rodent animals that bite humans. Head lice are Xenopsylla Cheopis.
If a person infected with this disease, the bacteria get into the lymph tissue and cause swelling of regional lymph glands. If the gland is broken, will release pus. The disease is classified as hazardous because it can cause death.

Comments