Skip to main content

Bintik Multifungsi Pada Kumbang Kepik









TEMPO Interaktif, Jakarta - Kebanyakan kumbang kepik memiliki warna cerah pada kulitnya, yakni warna merah dengan bintik-bintik hitam. Tapi masih banyak lagi jenis kumbang yang memiliki perbedaan warna dan tekstur kulitnya. Dalam entomologi (ilmu yang mempelajari tentang serangga), warna cerah dan bintik hitam pada kulit serangga berfungsi untuk menakuti pemangsanya dan menandakan kumbang kepik itu tak enak dimakan dan beracun.
Sama seperti tawon yang berwarna kuning cerah dengan garis-garis hitam. Tawon dapat dilihat dari jarak yang sangat jauh, tapi mengapa tak banyak predator yang mau melahapnya? Karena dia beracun dan memiliki sengatan yang menyakitkan.
Kembali ke kumbang kepik. Burung enggan memakan kumbang kepik karena rasanya tak enak dan sedikit beracun. Kendati racunnya memang tidak sampai mematikan burung, tapi cukup membuat "pusing".
Banyak juga mitos-mitos tentang kumbang kepik dan bintik-bintiknya. Di Brussel, Belgisa, jika ada seekor kumbang kepik yang hinggap di tubuh anda, banyaknya bintik-bintik di kumbang itu akan menandakan banyaknya anak yang akan anda miliki.
Para petani juga menghubungkan bintik-bintik pada kumbang kepik dengan berhasil atau tidaknya panen mereka. Jika bintiknya kurang dari tujuh titik, maka panennya akan sukses. Beberapa orang juga percaya jika ada kumbang kepik yang hinggap di tubuhnya, maka dia akan mendapatkan uang sebanyak jumlah bintik yang ada pada kumbang itu.

Rini K | ladybuglife


Multifunctional Spot On Ladybug Beetle
TEMPO Interactive, Jakarta - Most ladybirds beetles have bright colors on their skin that is red with black spots. But there are many more species of beetle that has a different color and texture of her skin. In entomology (the study of insects), bright colors and black spots on the skin serves to scare predators of insects and beetles, ladybirds indicates that not good to eat and toxic.
Just as the wasps are bright yellow with black stripes. Wasps can be seen from a great distance, but why not many predators that would eat it? Because he is toxic and has a painful sting.
Back to the ladybug beetle. Birds are reluctant to eat the beetles, ladybugs because it feels uncomfortable and slightly toxic. Despite the deadly poison was not until the bird, but enough to make a "headache".
There are also many myths about the beetles, ladybugs and the spots. In Brussels, Belgisa, if there is a beetle ladybug that landed on your body, the number of spots in the beetle it will indicate the number of children you will have.
The farmers also connects spots on ladybugs beetles with the success of their harvest. If the spots less than seven points, then the harvest will be successful. Some people also believe if there is a ladybug beetles that landed on her body, then he will get as much money as the number of spots available in the beetle it.

Rini K | ladybuglife

Comments